Akhlak
tasawuf, pengenalan, pemahaman sampai pengaplikasian.
Sejarah asal mula tasawuf
A. Sejarah
lahirnya tasawuf
Tasawuf
dalam islam, menurut ahli sejarah, sebagai ilmu yang berdiri sendiri. Lahir
sekitar abad ke -2 atau awal abad ke-3
hijriyah. Pembicaraan para ahli tentang lahirnya tasawuf lebih banyak menyoroti
faktor-faktor yang mendorong kelahiran
tasawuf. Faktor- faktor tersebut di bedakan menjadi dua:
1. Faktor
ekstern
a. Tasawuf
lahir karena pengaruh dari faham kristen yang menjauhi dunia dan hidup mengasingkan
diri dari biara-biara.
b. Tasawuf
lahir karena pengaruh filsapat phytagoras yang berpendapat bahwa roh manusia
kekal dan berada di dunia sebagai orang asing.
c. Munculnya
tasawuf dalam islam sebagai pengaruh dari filsafat emanasi plotinus yang
membawa paham wujud memancar dari zat tuhan
d. Tasawuf
lahir atas pengaruh nirwana. Menurut ajaran budha bahwa seseorang meninggalkan
dunia dan melakukan kontemflasi.
e. Tasawuf
lahir karena pengaruh ajaran hinduisme yang mendorong manusia meninggalkan
dunia dan berupaya mendekatkan diri kepada tuhan.
2. Faktor
intern
Sebagian
ahli menekankan faktor intern. Menurut
mereka lahirnya tasawuf islam di latar belakangi oleh faktor-faktor yang ada
dalam islam itu sendiri, bukan pengaruh dari luar.
B. Pengertian
tasawuf
1. Arti
secara etimologi
a. Ada
yang mengemukakan bahwa kataa tasawuf
berasal dari shafa yang berarti suci, bersih atau murni.
b. Pandangan
lain mengatakan bahwa kata tasawuf
berasal dari kata kata shaff yang maknanya barisan
c. Demikian
pula ada yang mengemukakan bahwa kata tasawuf disifatkan kepada kata ash-shufu
yang bermakna bul atau wol kasar.
d. Dalam
pandangan lain ada pola yang mengemukakan bahwa kata tasawuf di ambil dari kata
sufi yang berasal dari kata yunani.
2. Arti
secara terminologi
Menurut kaum sufi
sendiri, mereka memberikan pengertian tasawuf sebagai berikut:
“ tasawuf pada umumnya
bermakna menempuh kehidupan zuhud, menghindari gemerlap kehiduan duniawi, rela
hidup dalam keprihatinan, melakukan berbagai jenis amalan ibadah, melaparkan
diri mengerjakan salat malam, dan melantunkan berbagai jenis wirid,sampai fisik
atau dimensi jasmani sesseorang menjadi lemah
dan dimensi jiwa atau rohani menjadi kuat.
C. Sejarah
munculnya pemikiran tasawuf
Perkembangan
pemikiran filsafat dalam ikut memberi andil yang cukup besar untuk hidup
suburnya pemikiran tasawuf dalam dunia muslim. Para ulama tasawuf akhirnya
dapat menyuguhkan konsep religio-moral yang disebut maqamat yang bersifat
psikognostik yang harus dilewati oleh para sufi.
D. Tasawuf
dalam pandangan al-qur’an dan as-sunnah
1. Dalil-dalil
al-qur’an
2. Dalil-dalil
as-sunnah
E. Landasan
dan motifasi lahirnya tasawuf
Adapun
tentang sumber-sumber yang menjadi landasan tasawuf islam itu ada
bermacam-macam pendapat. Diantaranya ada yang berpendapat bahwa sumber
tasawuf islam itu sendiri.
F. Urgensi
ilmu tasawuf
Sesuai
dengan ajaran tasaawuf yang lebih menekankan aspek rohani, maka manusia itu
pada dasarnya cenderung bertasawuf. Dengan kata lain, bertasawuf merupakan
suatu fitrah manusia. Dari adnya unsur rohani pada manusia inilah dikatakan
urgensinya mempelajari tasawuf.
B.
Dimensi lain tentang ssejarah asal mula tasawuf
1. latar belakang
Tasawuf adalah salah
satu cabang ilmu islam yang menekankan dimensi atau aspek spritual islam.dalam
kaitannya dengan manusia, tasawuf lebih menekankan aspek rohaninya ketimbang
aspek jasmaninya. Dalam kaitannya dengan kehidupan, ia lebih menekankan
kehidupan akhirat ketimbang kehidupan dunia yang fana.orang yang ahli dalaam
tasawuf disebut seorang sufi. Seorang sufi menekankan aspek rohaninya daripada
aspek jasmaninya.seorang sufi selalu berusaha untuk dekat dengan tuhannya. Dan
untuk mencapai itu,terdapat tingkatannya yaitu
tobat,zuhud,sabar,kefakiran,kerendahan
hati,takwa,tawakkal,kerelaan,cinta,ma’rifat.
C. Hubungan ilmu tasawuf dengan
ilmu lainnya
a.
hubungan ilmu tasawuf dengan ilmu kalam
ilmu kalam merupakan disiplin lmu
keislaman yang banyak mengedepankan pembicaraan tentang persoalan-persoalan
kalam tuhan. Pembicaraan materi-materi yang tercakup dalam ilmu kalam terkesan
tidak menyentuh dzauq(rasa roahanih).
Dalam kaitannya dengan ilmu kalam,
ilmu tasawuf berfungsi sebagai pemberi wawasan spritual dalam pemahaman kalam.selain
itu ilmu tasawuf mempunyai fungsi sebagai pemberi kesadaran rohaniah dalam
perdebatan-perdebatan kalam.
b.
hubungan ilmu tasawuf dengan ilmu fiqh
ilmu tasawuf berhasil memberikan
corak batin terhadap ilmu fiqh corak batin yang dimaksud adalah ikhlas dan
khusyuk berikut jalannya masing-masing.bahkan ilmu ini mampu menumbuhkan
kesiapan manusia untuk melaksanakan hukum-hukum fiqh karena pelaksanaan
kewajiban manusia tidak akan sempurna tanpa perjalanan rohaniah.
c.hubungan
ilmu tasawuf dengan filsafat
ilmu tasawuf yang berkembang di
dunia islam tidak dapat dinafikan sebagai sumbangan pemikiran kefilsafatan
sederetan intelektual muslim ternama juga banyak mengkaji tentang jiwa dan roh
di antaranya adalah al-kindi,al-farabi,ibnu sina,dan al-ghazali.
D.
TASAWUF IRFANI
Tasawuf irfani adalah taasawuf yang
bereusaha menyikap hakikat kebenaran atau ma’rifah diperoleh dengan melalui logika atau pebelajaran atau pemikiran tetapi
melalui pemberian Tuhan (mauhidah).
Ilmu itu diperoleh karena manusia
yang melakukan tasawuf berupaya melakukan tasfiyat al-Qalb. Dengan hati yang
suci seseorang dapat berdialog secara batini dengan Tuhan sehingga pengetahhuan
atau ma’rifah dimasukan Allah ke dalam hatinya, hakikatt kebenaran tersingkap
lewat ilham (intuisi).
Ajaran irfan sudah ada bersama
kehidupan manusia. Jika seseorang tidak menginginkan akalnya hanya terbatasi
oleh materi dan memandang dunia ini sebagai materi semata, begitu pula apabila
ia tidak ingin melihat bahwa dunia ini hanya bersifat rassional.tidak seluruh
irfani memiliki substansi ajaran agama, baik dahulu maupun sekarang.
Jika kita ingin menelaah irfani islam secara
global, ada 4 periode yang dapat ita jadikan sebagai patokan utama:
1.pertama,
dari sejak kemunculan irfan hingga masa hallaj dan rai’ah.
2.kedua,
dari sejak masa rabi’ah hingga masa Bayazid dan Abu Sa”id Abuk Khair.
3.ketiga,
dari masa Abdul Khair hingga Ibn Arabi.
4.keempat,
dari masa Ibn Arabi hingga massa
kini.
Berikut ini bagian dari metode
iirfani :
1.Riyadha
2.Tafakur (refleksi)
3.TazkiyatAn-Nafs
4.Dzikrullah
E. TASAWUF AKHLAKI
1.
Pengertian tassawuf akhlaki
Kata “tasawuf” dalam bahasa arabb
adalah bisa membersihkan atau saling membersihkan kata membersikan merupakan
kata kerja yang membutuuhkan objek. Objek tasawuf adalah akhlak manusia.
Kemudian kata “akhlaq” juga berasal dari bahasa arab uyang secara bahasa
bermakna “pembuatan” atau “penciptaan”.
Jadi
jika “tasawuf” dengan kata “akhlak” disatuan< akan terbentuk sebuah firasen
yaitu Tasawuf akhlaki. Secara
etimologi, tasawuf akhlaki ini bermakna membersihkan tingkah atau laku saling
membersikan tingkah laku.
2.
Sistem pembinaan akhlak
Dalam tasawuf akhlaki, sistem
pembinaan akhlak disusun sebagai berikut :
A. Takhalli
B.
Tahalli
C.
Tajalli
3.
Karekteristik tasawuf akhlaki
Adapun ciri-ciri tasawuf akhlaki anatara lain :
- Melandasi diri pada Al-quran
dan As-sunah. Dalam ajaran-ajarannya, cendrung memakai landasan Qurani dan
hadits sebagai kerangka pendekatannya.
- Kesinabungan antara hakikat
dengan syariat, yaitu keterkaitan antara tasawuf (sebagai aspek
batiniahnya) dengan fiqh (sebagai aspek lahirnya)
- lebih bersifat mengajarka
dualism dalam hubungan antar tuhan dan manusia.
- lebih terkonsentrasi pada
soal pembinaan, pendidikan akhlak dan pengobatan jiwa dengan cara latihan
mental (takhalli,tahalli, tajalli).
- tidak menggunakan
terminologi-terminologi filsafat. Terminologi-terminologi yang
dikembangkan lebih transparan.
4.
Tokoh-tokoh tasawuf akhlaki
berikut adalah contoh-contoh sufi
ajaran-ajrannya yang termasuk ke dalam aliran tasawuf akhlaki.
- HASAN AL-BASHRI [21-110]
- AL-MUHASIBI [165-243]
- AL-GHAZALI
F.
TASAWUF FALAFI
Tasawuf falsafi adalah sebuah
konsep ajaran tasawuf yang mengenal tuhan (ma’rifat) dengan pendekatan rasio
(filsafat) hingga menuju ketempat yang lebih tinggi bukan hanya mengenal tuhan
saja (ma’rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud
(kesatuan wujud). Bisa juga dikatakn tasawuf dilsafi yalni tasawuf
yangkayadengan pemikiran-pemikiran filsafat.
Menurut Ibnu khladun ada 4 objek
utama yang menjadi perhatian para sufi filosof,Antara lain sebagai berikut :
1. Latihan rohaniah
denganrasa,intuisi, serta instrokpeksi diri yang timbul darinya.
2. Iluminasi atau hakikat yang
tersingkap dari alam gaib, seperti sifat-sifat
rabbani,arsy,malaikat,kenabian,roh.
3. Peristiwa dalam alam yang
berpengaruh terhadap berbagai bentuk keramatan atau keluarbiasaan.
4. Menciptakan ungkapa-ungkapan yang
pengertiannya sepintas samar-samar dalma hal ini telah melahirkan reaksi
masyarakat berupa mengingkarinya dan menyetujuinya.
Dalam
beberapa segi, para sufi filosof melebehi sufi sunni. Hal ini disebabkan karena
mereka adalah para filosof yang baik tentang wujud.
Di antara tokoh-tokoh tasawuf
falsafi adalah :
- Ibn’arabi
Ajaran tasawufnya
-
Wahdat
al-wujud
Menurut Ibnu taimiyah,wahdat
al-wujud adalah penyamaan tuhan dengan alam.
- AL-JILI
Ajaran tasawufnya
-
Insan
kamil
AL-jili mengemukakan bahwa
perumpamaan hubungan tuhan dengan insan kamil adalah bagaikan cermin di mana
seseorang tidak akan dapat melihat bentuk dirinya kecuali melihat cermin itu
sendiri.
- Ibn
sab’in
Ajaran tasawufnya
-
Kesatuan
mutlak
-
Penolakan
terhadap logoka aristotelian
-
G.
TASAWUF SYAR’I
Ilmu tasawuf (sufisme) di masa
kini diberi hukuman yang sangat tidak adil oleh umat islam. Jauh disebelah
kanan terdapt golongan umat yang menyandarkan diri mereka sebagai pengamal ilmu
tasawuf tetapi sebagian dari amalan mereka mengandung beberapa unsur syirik,
bid’ah dan kurafat. Mereka berkata tasawuf bukan ilmu tetapi hanya syirik,
bid’ah dan kurafat tetapi sebagian lagi tetap membenarkanilmu tasawuf yang
masih berpegang teguh pada al-Qur’an dan Al-hadis.
- Defenisi
tasawuf syar’iah
Tasawuf syar’iah adalah tasawuf
yang konsentrasinya membahas tentang pembentukan akhlak yang mulia menjadikan
diri sebagai hamba yang taat kepada-nya pada smua aspek kehidupan yang
senantiasa berpegang teguh kepada tuntunan sya’iah (Al-Qur’an & Al-hadis).
- Metode-metode
ajaran tasawuf sya’i
1.
Syar’iah dan hakikah
Dalam ajaran sya’iah dan hakikah
terdapat dua pandangan yang berbeda antara lain :
-
Pandangan
kaum sufi moderat
-
Pandangan
kaum sufi ekstrem
2.
Ilmu mukhtasab dan ilmu laduni
Islam mengakui adanya dua macam
ilmu, yatu ilmu mukhtasab dan laduni.
A. Ilmu mukhtasab yaituilmu yang di
peroleh dari proses pembelajaran. Yaitu membaca dan beguru.
B. Ilmu laduni yaitu ilmu yang di
peroleh dari tuhan sebagai hasil dari kebersihan hati dan kedekatan seseorang
dengan-Nya.
3.
Motivasi ibadah
Pada dasarnya motivasi beribadah
seseorang ituadalah dokarenakna semata-mata bentuk rasa cinta kepada Allah, dan
juga boleh karena rasa takut kepada neraka dan mengharapkan surge seperti dalam
pemahaman Al-Qur’an dan sunnah rasul.tetapi ada sebagiankaumsufi beranggapan
bahwa dalam berbadah haruslah semata-mata bentuk rasa cinta kepada Allah.
4.
Pelanggaran lain seputar tasawuf
syar’i
A.
Pengagunan
terhadap syaikh
B.
Jihad
C.
Pengangguran
D.
Wahdat
Al wujud
H.
MAQAM
Dalam rangka meraih derajat
kesempurnaan, seorang sufi dituntut untuk melampaui tahapan-tahapan spritural.,
memiliki suatu konsepsi tentang jalan (thariqat) menuju Allah SWT, jalan ini
dimulai dengan latihan-latihan rohaniah (riyadha) lalu secara bertahap menempuh
berbagai fase yang dalam tradisi tasawuf dikenal dengan maqam (tingkatan).
Macam-macam maqam dalam tasawuf
yang dijalani kaum sufi umumnya terdiri atas :
1. Taubat
2. Wara’
3. Zuhud’
4. Faqr(fakir)
5. Sabar
6. Rela
7. Tawakal
I.
AHWAL
Ahwal adalah bentuk jamak dari
hal yang biasanya diartikan sebagai keadaan mental (mental stress) yang di
alami oleh parah sufi di sela-sela perjalanan spiritualnya. Hal merupakan
anugerah dan rahmat dari tuhan.
Beberapa macam
ahwal :
- Khauf adalah merasa takut kepada allah karena
kurangnya pengabdian.
- Raja’
adalah mental yang optimis untuk memperoleh karunia dan rahmat ilahi yang
di sediakan bagi hamba-hambanya.
- Syauq
adalah kerinduan.
- Uns
adalah keakraban dana keintiman.
- Mahabbah
adalah benih yang jatuhke bumi
- Yaqin
adalah suatu pengetahuan yang diletakan ke dalam hati seseorang
1.
TASAWUF DI INDONESIA
- Sejarah
perkembangannya
Bahwa
tersebar luasnya islamdi Indonesia sebagian besar adalah jasa para sufi. Akan
tetapi belakangan ini sufisme yang melandasi ethos kerja mereka itu.
- Reformasi
sufisme di Indonesia.
Pengaruh
gerakan wahabiyah yang diinspirasikan ajaran Ibn. Taimiyah, sampai juda di
Indonesia, khusus dalam aspek sufisme, pasa permulaan nya 50-an.
- Aliran
tasawuf di Indonesia
Dalam
perkembangan islam selanjutanya, system pendidikan masyarakat peningglan hindu
dan budha diteruskan oleh para penyiar islam. Proses tranformasi ilmu keislaman
dilakukan secara “sorongan” yang kemudian meningkat dengan cara “bandongan” dan
“wetonan”.
Tokoh-tokoh
tasawuf di Indonesia
-
Hamjah
al fansuri
-
Syamsudin
al-Sumatrani.
-
Nuruddin
al-Raniri
-
Abd.
Rauf al-Sinkli
-
Abd.
Shamad al-palimbani
-
Syaikh
yusuf al-Makasari
-
Syamsuddin
pasai
Tentang
allah
Tentang
penciptaan
Tentang
manusia
-
Syekh
burhanuddin
Riwayat
hidupnya
Paham
keagamaannya
Perjuangannya
-
Nurruddin
Ar-raniry
Pengarang
yang produktif, politikus, dan filosofis.
-
Maulana
malik Ibrahim
Pendidik
yang berhasil
J. PERJALANAN
TASAWUF KAITANNYA DENGAN TAHALLI, TAKHALLI DAN TAJALLI
Tasawuf ialah memilih jalan hidup
secara zuhud dana menjauhkan diri dari perhiasan hidup dalam segala bentuknya.
Dalam pandangan sufi, manusia cenderung kepada hawa nafsunya.
Adapun
langkah2 yang harus ditempuhyaitu :
1.
Takhalli
Yang di maksud dengan takhalli
itu sendiri ialah mengosongkan diri dari sikap ketergantungan terhadap
kelezatan hidup dunia dengan cara menjauhkan diri dari maksiat dan berusaha
menguasai hawa nafsu.
2.
Tahalli
Tahalli di seni maksudnya
menghiasi/mengisi diri dari sifat dan sikap serta perbuatan-perbuatan yang
baik.
3.
Tajalli
Tajalli dapat dikatakan
terungkapanya nur gaib untuk hati.
K.
ZIKIR, SYARIAT,HAKIKAT, MA’RIFAT
ZIKIR
Kata zikir pada mulanya berarti
‘mengucapkan dengan lidah atau menyebut sesuatu, maka ini kemudian berkembang
menjadi “mengingat”, karena mengingat sesuatu seringkali mengantar lidah
menyebutnya.
Zikir
terbagi beberapa macam :
-
Zikir
lisany (zikir lidah)
-
Zikir
qalby (zikir hati)
-
Zikir
aqly (zikir piker)
-
Zikir
ruhy (zikir ruh)
SYARIAT
Syariah diartikan seluruh
ketentuan yang ada di dalam Al-Qur’an dan Al-sunah, baik yang berhubungan
dengan akidah, akhlak maupun aktivitas manusia, baik yang berupa ibadah maupun
muamalah
HAKIKAT
Hakikat dalam pandangan tasawuf
adalah inti atau rahasia yang paling dalam dari syariat,rasa,keadaan dan akhir
dari perjalanan yang di tempuh oleh seorang sufi, jika gerak-gerik dan
bacaan-bacaan salat adalah syariat, maka dialog spiritual bertemu antara
seorang abid (hamba) dengan mabud (yang disembah) adalah hakikatNYa.
MA’RIFAT
Ma’rifat adalah ujung perjalanan
dari ilmu pengetahuan tentang syariat dengan kesediaan nya menempuh jalan
(thariqat) dalam mencapai hakiakt, itulah yang disebutkan dengan ma’rifat
L.
TASAWUF DI ERA GLOBALISASI
Islam memiliki system yang lengkap
dan utuh, ketika masih tersimpan dalam kitab suci dan hadiszt nabi. Tetap,
ketika islam melalui otak manusia ditrasformasikan ke kitab-kitab fiqh,
lantaran ruh spritualnya sering di abaikan, kalimat-kalimatnya berubah bagaikan
sebatang pohon yang rapuh.
Konsepsi
yang berkembang di kalangan sufi sebagai berikut :
-
Ilmu
ma’rifat dan prinsip2 epistemologi tasawuf
-
Visi
transendal terhadap wujud empiric
-
Anatomi
diagnostic spiritual
-
Konsepsi
Fana’ dan terapi sufistik
M. KORELASI IBADAH, ETOS KERJA, dan
PROFESIONALISME dengan TASAWUF
Korelasi ibadah dengan tasawuf,
pada dasarnya iman seorang dikatakan tidak sempurna kalau tidak disertai dengan
pelaksanaan ibadah,amal saleh, dan akhlak mulia.
A.
Korelasi ibadah dengan tasawuf
Ibadah dengan tasawuf islam
adalah merupakan hal yg sangat fundamental. Setiap manusia muslim harus
melaksanaankan nya.
B.
Korelasi etos kerja dengan
tasawuf
Adapun salah satu karekteristik dari
etos kerja manusia, adalah ia merupakan pancaran dari sikap hisup mendasar
pemiliknya terhadapa kerja.
C.
Korelasi profesionalisme dengan
tasawuf
Professional adalah mengerti akan
tugasnya (sesuai dengan keahlian/bidangnya) dan bertanggung jawab (amanah),
kemudian bersungguh-sungguh mengerjakannya dengan kualitas yang terbaik (ahsan)
ALLAH
DALAM PERWUJUDAN JALAL DAN JAMAL
1.
Wajah
jalal Allah yaitu nama-nama Allah yang menunjukan kebesaran-nya,keagungan-nya,
kemahaperkasaan-nya, tidak dapat kerterbatasannya,dan kekuatannya untuk memaksa
kita.
2.
Wajah
jamal Allah yaitu nama-nama yang menunjukan kasih saying nya, cintanya,
kelembutannya
TASAWUF
DAN TAREKAT : AJARAN ESOTERISME ISLAM
Tasawuf kaum Orientalisme
menyebutkan sufisme adalah ajaran yang khusus dipakai untuk mistik. Tasawuf
suatu cara untuk menyucikan diri dan yang berkaitan dengan penyucian tidak
dapat di ungkapkan dengan kata-kata.
a).
Definisi Sufi
sufi adalah manusia biasa yang
merambah jalan cinta dan pengabdian kepada realitas Absolot. Pada prinsipnya
para sufi tidak mengenal keanehan yang biasanya diindentikakan dengan orang
suci dan tidak mengklaim diri memiliki kemampuan di luar batas kemampuan
manusia biasa.
b).
Thariqah
menurut ajaran tasawuf cara
untukmenjadi manusia sempurna adalah dengan mengikuti thariqah sufi, dengan
mengikuti seorang guru apritual sempurna (qutb).
c).
Zhikir
fase pertama dalam thriqah adalah
penyembuhan dari penyakit al-nafs al-ammarah, jika seorang murid telah memnuhi
semua persyaratan keruhanian dan sudah cukup diangkat sebagai murid maka sang
guru akan memberikan izin untuk mempraktekkan dzikir.
d).
Fana dana Baqa
maqam haqiqah dalam tasawuf ada dua
fase : fana (peniadaan,hancur, annihilate), baqa(tetap, terus hidup,
subsisten).
e).
sufi dan kehidupan masyarakat
bagi sufi kemalasan dan keengganan
adalah kualitas mental yang buruk.
Gangguan kejiwaan
manusia modern
Manusia
modern mngidap gangguan kejiwaan anatara lain berupa kecemasan, kesepian,
kebosanan, perilaku menyimpang dan, psikosomatis.
1. Kecemasan
Perasaan cemas
bersumber dari hilangnya makna hidup “the meaning of life”.
2. Kesepian
Kesepian bersumber dari hubungan
antara manusia (interpersonal) dikalangan masyarakat modern yang tidak lagi
tulus dan hangat.
3. Kebosanan
Hidup tak bermakna, dan hubungan
dengan manusia lain terasa hambar karena ketiadaan ketulusan hati, kecemasan
yang selalumenganggu jiwanya dan kesepian yang berkepanjangan menyebabkan
manusia modern menderita gangguan kejiawaan berupa kebosanan
4. Perilaku menyimpang
Ia tidak bisamemutuskan sesuatu,
dan dia tidak tau jalan mana yang harus d tempuh.
5. Psikosomatik
Adalah ganguan fisik yang
disebabkan oleh factor-faktor kejiwaan dan social
mahabbahRabi’ah
rabi’ah
di nilai orang yang pertama yang menyatakan doktrin cinta tanpa pamrih kepada
allah atau pelopor agama cinta (mahabbah). Di dalam sejarahperkembangan
tasawuf, hal inimerupakan konsepsi baru di kalangan para sufi kala itu. Karena
itulah ia disebut “The mother Of the Grand master”/ibu para sufi master.
Ada
dua batsan cinta yang sering dinyatakan rabi’ah.
- Sebagai
ekspresi cinta hamba kepada allah, maka cinta itu harus menutupselain sang
kekasih atau yang dicinta.
- Kadar
cinta kepada allah it uterus tidak ada pamrih apapun, artinya, seseorang
tidak dibenarkan mengharapkan balasan dariallah, baik ganjaran (pahala)
maupun pembebasan hukuman.
PENGARUH
KONSEP MAHABBAH AL-ADAWIYAH DALAM PENGEMBANGAN TASAWUF
Pengaruh
rabi’ah al-adawiyyah dalam pengembangan tasawuf sanat signifikan sekali karena
ia telah memberikan corak yang baru dalam bertasawuf.
Ada 3 kontribusi rabi’ah
al-adawiyyah. :
-
Ia
berhasil mentranformasikan konsep al-khawf dan al-raja dari hasan al-bashri
kepada mahabbah (cinta)
-
Ia
memberikan corak baru dalam dunia tasawuf walaupun, ia sangat menderita dalam
hidupnya tetapi dia mampu menjadi oaring yang kuat dalam bertasawuf
-
Dalam
hal gender , ia mengubah pandangan para sejarah bahwa wanita mampu untuk
menjadi seorang sufi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar